Menu

Anda harus tau, makanan ini bisa mengandung racun jika dipanaskan

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Anda harus tau, makanan ini bisa mengandung racun jika dipanaskan. Taukah bunda ada sebagian makanan yang tidak bisa dipanaskan setelah dimasak. Ya memang ini sudah sejak dulu dulu dari zaman nenek kakek kita. Tapi tidak ada salahnya kalau RKT membahasnya lagi demi untuk menambah pengetahuan generasi baru yang belum mengerti. Jika dipanaskan ( bahasa jawanya : di nget, maksutnya biar anget :p ) malah akan merubah kandungan makanan itu sendiri, sumber gizi yang terkandung akan mati dan mengandung racun.

Sudah menjadi kebiasaan kita menyimpan makanan sisa yang masih banyak didalam kulkas dan memanaskanya di esok harinya. Yah, wajarlah sayang kan kalau di buang? Namun ternyata bukan semua makanan bisa di panaskan kembali. Dan faktanya makanan ini malah menimbulkan racun yang bisa membuat kita sakit perut, diare, mencret2 dan sebagainya.

Anda harus tau kandungan beberapa makanan berikut ini bisa berubah menjadi racun yang berbahaya jika dipanaskan. Jadi, jangan pernah panaskan makanan berikut ini :

beberapa makanan yang berbahaya jika dipanaskan

Bayam

Sayur bayam hanya mempunyai waktu 4-5jam untuk di makan semenjak iya dimasak. Jika lebih dari itu maka lebih baik anda membuangnya. Sayur bayam yang teah lama didiamkan menyebabkab adanya proses oksidasi antara udara dan bayam. Zat besi banyak dihasilkan dari bayam, sewaktu zat besi bereaksi dengan udara dalam waktu yang lama, maka zat besi ini akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia bernama Ferro. Ferro adalah senyawa kimia yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Jadi ketika kita makan bayam yang telah lama dimasak, bukan antioksidan yang kita dapat. Justru hasil oksidasi dari zat besi yang telah berubah menjadi oksidan, itu artinya sama saja dengan memasukkan racun kedalam tubuh kita.

Jamur

jamur ternyata juga tidak boleh dipanaskan. Sama seperti bayam sebaiknya sayur dari bahan jamur sebaiknya langsung di makan setelah matang dimasak. Jika masih memungkinkan untuk dimakan sebaiknya memakannya pada kondisi dingin, jangan dipanaskan. Sebab, jika dipanaskan, maka akan terjadi perubahan di dalam komposisi protein dan rasa juga berubah yang bisa membuat pencernaan bermasalah.

Seledri

Sayur ini sering dijumpai pada makanan berkuah. Sama seperti bayam seledri juga mengandung nitrat yang jika dipanaskan dapat mengubah nitrat menjadi karsinogen. Jika terdapat sayur yang mengandung daun saledri sebaiknya dibuang dulu potongan daun saledrinya baru dipanaskan sayurnya.

Kentang

Pada dasarnya kentang mengandung banyak gizi penting bagi tubuh kita. Oleh sebab itu kentang sering dijadikan makanan diet untuk menurunkan berat bandan. Tapi kalau dipanaskan kembali, nutrisi yang terkandung didalamnya bisa berubah menjadi beracun. Jika masih memungkinkan makan saja tanpa dipanaskan.

Itulah beberapa makanan yang berbahaya jika dipanaskan lagi setelah lama didiamkan. Semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita.

baca juga : 6 Cara yang wajib anda ketahui, Agar Kulkas Anda Awet.

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *