Menu

6 Cara yang wajib anda ketahui, Agar Kulkas Anda Awet

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

6 Cara yang wajib anda ketahui,  Agar Kulkas Anda Awet. Hai bunda sahabat RKT, kesibukan  didapur memasak dan membuat kue tentu saja tidak lepas dari tempat penyimpanan bahan-bahan makanan yaitu Kulkas. Oleh sebab itu rasanya tidak ada salahnya kalau RKT berbagi tips 6 Cara yang wajib anda ketahui,  Agar Kulkas Anda Awet  pada kesempatan kali ini. Setiap hari tentu saja Anda membuka tutup kulkas untuk mengambil atau menyimpan bahan makan dan minuman. Dan tidak sedikit diantara kita pasti saja melakukan banyak kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari yang bisa menyebabkan kulkas cepat rusak. Untuk itu perlu kita ketahui cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak.

Kita tau kulkas adalah tempat penyimpanan bahan makanan dan minuman, baik yang masih mentah maupun yang siap untuk dimakan. Makanan baru bah juga makanan sisa kemarin. Tapi sadarkah anda kesalahan kesalahan dalam menyimpan makanan bisa membuat kulkas anda berumur pendek atau cepat rusak? Oleh sebab itu perlu anda ketahui beberapa tips atau cara penyimpanan makanan yang baik untuk mengoptimalkan penggunaan kulkas agar awet dan berumur panjang.

Cara Merawat Kulkas

Berikut ini 6 Cara yang wajib anda ketahui,  Agar Kulkas Anda Awet :

1. Hindari menjejalkan makanan dengan brutal

Anda tau, bahwa kulkas juga punya batas kemampuan. Jika kulkas kelebihan muatan tentunya sangat mempengaruhi kemampuanya untuk mendinginkan makanan dan akhirnya malah membuat makanan cepat rusak seperti sayur mayur, roti, susu dan sebagainya. Untuk itu pastikan masih ada ruang kosong untuk sirkulasi hawa dingin yang dihasilkan kulkas Anda.

2. Buat list bahan makanan yang akan diolah dan dibeli

Berbelanjalah hanya mengikuti list yang telah di tentukan. Jangan melirik yang lain yang ujung-ujungnya disimpan didalam kulkas ( masih aman jika tidak melanggar point 1). Dengan panduan daftar makanan yang akan diolah tentunya Anda hanya menyimpan bahan utama yang tidak sia-sia. Hal ini untuk menghindari over load di dalam kulkas Anda.

3. Masuk lebih dulu, keluar lebih dulu

Kita tau makanan mempunyai batas ketahanan atau masa expired. Dalam hal ini untuk menghindari kerusakan makanan yang sia-sia yang bisa merusak makanan yang lain bahkan merusak kulkas Anda harus mengutamakan poin ini yaitu “Masuk lebih dulu, keluar lebih dulu”. Teknik ini untuk semua jenis makanan dan minuman yang ada di kulkas Anda. Biasakan untuk mengecek tanggal kadaluwarsa dari setiap produk makanan dan minuman yang Anda beli dalam bentuk kemasan (pabrikan).

4. Pikirkan makanan apa yang akan Anda olah sebelum membuka kulkas.

Sering diantara kita membuka kulkas sambil mikir “mau masak apa ya?” Tanpa kita sadari hal ini sangat merugikan. Mengapa? karena sewaktu kita membuka kulkas berlama-lama (sambil mikir) hawa dingin kulkas akan keluar hampir seluruhnya. dan ketika kita menutupnya kembali maka kulkas harus bekerja keras lagi untuk mendinginkan. Oleh sebab itu sebaiknya pikirkan terlebih dahulu makanan apa yang akan diolah baru ambil dari kulkas.(bukankah anda sudah punya daftar belanja semalam?) Cobalah untuk menghindari kebiasaan membuka pintu kulkas berlama lama dan sering kali.

5. Beri tanda makanan yg tidak berkemasan pabrik

Makanan yang tidak berkemasan pabrik yang dimaksut adalah makanan yang anda beli bukaan seperti gula, tepung, garam, bumbu-bumbu dan sebagainya. Gunakan wadah seperti toples, atau botol yang bertutup dan beri label nama agar tidak membingungkan yang mana satu bahan yang akan di gunakan. Hal ini untuk menghindari berlama-lama membuka kulkas karena bingung.

6. Bersihkan kulkas secara berkala.

Bersihkan kulkas ketika freezer anda penuh dengan kerak es batu. Walau demikian, bukan berarti harus menunggu freezer penuh kerak baru anda membersihkan kulkas. Bersihkanlah jika memang terlihat kotor. Ketika freezer mulai terlihat penuh dengan kerak es batu, dan isi sedikit kosong pada saat inilah waktu yang tepat untuk membersihkan kulkas anda secara menyeluruh.

Perlu diingat ingat, membersihkan kulkas juga ada caranya. Jangan sekali-kali mencongkel kerak es batu ketika membersihkan. Itu akan merusak bahan pendingin freezer kulkas. Bongkar seluruh isi, matikan daya lalu buka pintu dan biarkan beberapa jam dalam keadaan pintu terbuka hingga kerak mencair. (beri kain atau penampung dibawah kulkas agar lantai tidak banjir dengan lelehan es batu). Hal itu akan memudahkan anda membersihkan nya.

Demikianlah cara merawat kulkas  melalui 6 Cara yang wajib anda ketahui,  Agar Kulkas Anda Awet  semoga bermanfaat

Info: Tahukah Anda menympan kembali makanan sisa kemarin yang sudah dipanasi (sisa makanan kemarin simpan, keluarkan dipanasi, makan dan tidak habis, disimpan lagi) adalah buruk? Karena makanan yang dipanaskan lalu dimasukan ke dalam kulkas, menyebabkan terjadinya pertumbuhan bakteri.

baca juga: cara cepat memisahkan kuning dan putih telur

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *