Menu

Cara membuat manisan kering buah cermei

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Cara membuat manisan kering  buah cermeiBuah cermei adalah salah satu jenis buah-buahan asam dari keluarga belimbing. Daunya hampir sama dengan belimbing asam atau belimbing bintang. Perbedaanya akan terlihat pada batangnya. Biasanya pohon cermei atau cermai ini atangnya lebih kasar jika dibandingkan belimbing bintang. Warna buah cermei hijau muda kekuningan pada usia masih muda dan kuning keputihan pada saat sudah tua. Kalau rasanya tentu saja sudah bisa dipastikan masam. Namun walau masam buah cermei bermanfaatnya mampu meringankan penyakit Tumor.

manisan buah cermei

Untuk mengkonsumsinya buah cermei ini bisa dijadikan manisan buah kering yang sangat enak dan tahan lama. Proses pembuatanyapun tidak begitu sulit, lebih-lebih lagi jika Anda mempunyai pohon cermei yang berbuah. Baiklah mari kita bahas cara membuat manisan buah kering dari bahan buah cermei ini. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan

  • 1000 gr Buah cermei yang tua
  • 1000 gr gula pasir
  • Garam secukupnya
  • pewarna makanan (terserah warna apa)

manisan buah kcermei

cara membuat manisan buah kering cermei

  • Cuci buah cermei hingga bersih, kemudian rendam dengan air garam dan pelan-pelan gilas dengan botol agar air cermei keluar supaya mengurangi keasamannya. Setelah itu cuci lagi hingga bersih
  • Campurkan gula, pewarna dan garam secukupnya dengan sedikit air kemudian rebus hingga mengental. Setelah itu masukkan buah cermei aduk-aduk hingga tercampur rata dan sedikit mengering kemudian angkat.
  • Jemur pada panas matahari hingga mengering dalam waktu beberapa hari.
  • Terakhir setelah mengering simpan kedalam toples dan tutup dengan rapat.

Demikianlah Cara membuat manisan kering  buah cermei semoga bermanfaat dan selamat mencoba

lainya : Cara Membuat Manisan Kering Buah Pepaya

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *