Menu

3 Hal penting ini membuat ketupat Anda menjadi tahan lama dan tidak cepat basi

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Cara agar ketupat tahan lama dan tidak cepat basi. Tidak lama lagi lebaran akan tiba. Seperti sudah menjadi pasangan yang tak terpisahkan, dan sudah menjadi sinonim ketupat selalu menjadi simbolis dalam menyambut hari raya umat Islam (Lebaran). Jika anda pergi ke super market, mall mall, swalayan dan tempat tempat perbelanjaan lainya menjelang hari raya maka anda akan menemukan banyak replika replika ketupat menghiasi tempat itu. Kenapa sih harus ketupat ? apa sebenarnya cerita dibalik itu.

Ternyata ketupat memiliki sejarah yang panjang. Ketupat ini dahulu diperkenalkan oleh Raden Mas Sahid atau Sunan Kali Jaga untuk menyebarkan agama Islam ditanah jawa dengan membuat tradisi Bakda lebaran atau bakda ketupat setelah umat Islam melakukan puasa Sunah di bulan Syawal. Dengan tradisi ini, Sunan Kalijaga mencoba memasukkan ajaran Islam agar lebih mudah diterima oleh Masyaraka kala itu.

Disini kita tidak akan membahas panjang lebar sejarah mengapa ketupat menjadi simbol lebaran, tetapi kita akan membahas bagaimana cara mengolah ketupat agar tidak cepat basi tahan lama dan tidak terbuang mubazir. Untuk Cara agar ketupat tahan lama dan tidak cepat basi Anda harus memperhatikan point point penting berikut ini :

cara agar ketupat tidak cepat basi

Agar ketupat awet dan tahan lama lakukan 3 halpenting berikut ini :

Rebus hingga terendam

Ketika merebus ketupat hal penting yang harus anda perjhatikan adalah Air untuk merebus harus benar benar menggenangi atau merendam ketupat secara keseluruhan. Jika dalam proses perebusan air berkurang tambahkan dengan air panas. Rebus ketupat kira kira dalam waktu 4-5 jam.

Digantung.

Untuk membuat ketupat awet tahan lama, Anda perlu menggantung ketupat setelah di rebus. Hal ini bertujuan agar ketupat kering ditiriskan tidak mengandungi banyak air setelah direbus atau dari penguapan ketika masih panas. Ketupat yang hanya disimpan dalam wadah akan menjadi lembab karena banyak mengandung air yang menyebabkan ketupat berjamur dan cepat basi. Taukah anda ketupan yang digantung akan mempu bertahan selama 3-4 hari, sedangkan ketupat yg tidak digantung 1-2 hari saja sudah basi.

Simpan dalam Lemari Pendingin.

Jika anda takut ketupat menjadi tidak bersih karena mungkin di hinggapi binatang seperti lalat atau cicak, anda bisa menyimpanya kedalam lemari pendingin setelah yakin ketupat telah menjadi kering. Anda cukup membungkusnya dalam kantong plastik dan simpan kedalam lemari pendingin.

Demikianlah Cara agar ketupat tahan lama dan tidak cepat basi. Semoga bermanfaat dan Selamat Menyambut Hari Raya Aidil Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

baca juga : Cara yang wajib anda ketahui,  Agar Kulkas Anda Awet

Bagikan jika bermanfaat. Bagikan manfaat itu juga untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *